Jenis Penyaji Berita TV

July 3, 2009

Secara internasional dikenal tiga
kategori presenter berita yaitu:
pembaca berita (newsreader)‏
penyiar berita (newscaster)‏
jangkar berita (newsanchor)‏

Andrew Boyd:
Newsreader:
Penyaji berita yang disebut “Pembaca Berita” tampil lebih menekankan kekuatan berita dari pada aspek-aspek pribadinya (tidak memfokuskan pada penampilan fisik atau sifat pribadinya / memiliki otoritas terbatas untuk memberi warna dalam menyajikan berita), sehingga hanya membaca berita & tidak melakukan wawancara & tidak menjadi “bintang” dalam program berita tersebut. Penampilan : Formal & Serius. (Tradisi BBC Inggris).

Newscaster:
Disamping membaca berita Newscaster juga melakukan peliputan di lapangan, sekaligus melakukan laporan langsung dari lapangan. Jadi, Newscaster juga melakukan wawancara ketika menyajikan berita.
Dengan otoritas yang dimiliki terhadap isi berita, aspek-aspek pribadi Newscaster lebih muncul di bandingkan Newsreader, meski tetap harus menjaga wibawa & formal. (Tradisi BBC Inggris)

NewsAnchor:
Istilah Anchorman berasal dari Amerika, penyaji berita yang menekankan kekuatan aspek-aspek kepribadiannya & otoritas yang kuat untuk menonjolkan keahliannya, sebagai kombinasi dari pengalaman, karakter kepribadian & karisma.
Dengan tradisi Hollywood yang dimiliki Amerika, TV Anchor adalah bintang dari program berita TV dengan menekankan penampilan fisik, pendekatan yang hangat & santai / dekat kepada pemirsa.

reference : newscasting announcing
by putri dwi f

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: