Bagaimana menulis berita TV

June 9, 2009

nulis

nulis

Bagaimana menulis berita TV

Menulis berita Tv agak berbeda caranya dengan menulis berita di media massa lainnya. Setiap kalimat yang kita tulis harus dipikirkan, adakah gambar yang mendukungnya? Kalau tidak ada gambar yang mendukungnya, lebih baik abaikan saja data itu. Dalam berita Tv, gambar harus lebih banyak bercerita daripada narasi. Data hanya sekadar menjadi pelengkap berita.
Bahasa yang digunakan bukan bahasa tulisan, tetapi bahasa lisan. Berita TV itu dituturkan kepada pemirsa. Pemirsa tidak membaca seperti di surat kabar, tetapi menonton dan mendengarkan penyiar membacakan berita. Bahasa yang digunakan juga harus tepat, singkat, jelas, sederhana, dan dapat dipercaya
Sebagaimana penulisan berita surat kabar, majalah dan radio, berita TV juga memiliki judul , lead in/ inti berita/teras berita dan tubuh berita. Kalau menulis berita surat kabar, majalah dan radio, seorang reporter dapat langsung menuliskannya sesuai data yang dimiliki.
Namun, seorang reporter TV tidak hanya sekadar mengandalkan data, tetapi ia juga harus memikirkan gambar yang dimilikinya. Jadi, seorang reporter TV harus terlebih dahulu mengetahui gambar yang diambil juru kamera baru menuliskan beritanya. Mengapa? Supaya naskah berita yang dibuat selaras dengan gambar yang tersedia.
Seorang reporter TV boleh saja memiliki data segunung, tetapi kalau gambar yang ada tidak seluruhnya mendukung akan percuma.Ingat, berita TV harus senantiasa didukung gambar dan grafis yang relevan. Berita TV harus memadukan gambar dengan narasi

BY : putrid dwi. F
Daftar pustaka :Jurnalistik TV (teknik memburu dan menulis berita) oleh Drs. Arifin S. Harahap, Msi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: